600 Perawat Dibutuhkan Pada Program Home Medicare Bandung - PERAWAT INDONESIA

Header Ads

600 Perawat Dibutuhkan Pada Program Home Medicare Bandung


BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung mencari 600 perawat dan 300 dokter untuk menjadi tenaga relawan pada program khusus bernama Home Medicare. Layanan Home Medicare adalah inovasi baru dalam bidang pelayanan kesehatan untuk menjangkau warga miskin Kota Bandung yang tidak mampu berobat ke rumah sakit atau membayar biaya perawatan rumah sakit. Pasien atau masyarakat akan didatangi ke rumah untuk diberi pelayanan kesehatan. "Saya ingin dalam 3 bulan tercapai gimana caranya," ucap Ridwan, Kamis, 16 Juni 2016.
Lebih lanjut, Ridwan mengatakan saat ini layanan Home Medicare baru memiliki 10 orang dokter dan 20 orang perawat dari Rumah Sakit Al-Islam sebagai inisiator program tersebut. Orang nomor satu di Kota Bandung ini berharap 30 rumah sakit lain di Kota Bandung bisa ikut menyumbang tenaga medisnya dengan jumlah serupa. “Kalau 30 rumah sakit, berarti ada 300 dokter dan 600 perawat relawan.” 

Ridwan berharap program Layanan Home Medicare bisa menekan angka kematian warga miskin Kota Bandung akibat tidak mendapat perawatan medis dengan segera. Menurut dia, masih banyak kasus orang miskin yang sakit karena rumah sakit yang dituju sudah tidak mampu lagi menampung pasien contohnya Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung. Sebagai salah satu upaya untuk mendukung kinerja tenaga kesehatan, 

Ridwan menyumbang 50 juta rupiah dalam bentuk kendaraan sepeda motor yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar menjadi ambulans bermotor. "Saya siapkan dana 50 juta rupiah untuk dua sepeda motor. Kalau beres, dua bulan sepeda motor bebek dimodifikasi menjadi ambulans bermotor. Saya hibahkan dulu kepada RS Al-Islam karena yang paling niat dan siap," tuturnya.

sumber: portalsatu com