SEPERTI APA ANAK SEKOLAH DASAR MEMANDANG PROFESI PERAWAT ? - PERAWAT INDONESIA

Header Ads

SEPERTI APA ANAK SEKOLAH DASAR MEMANDANG PROFESI PERAWAT ?

Memperkenalkan profesi Perawat sejak dini pada anak sekolah dasar.

Melalui proses seleksi dan saya dinyatakan lolos bersama beberapa motivator, para tentara, polisi, guru, dan masih banyak profesi lainya yang bergabung di Kelas Inspirasi Indonesia Mengajar dari berbagai daerah dan berkumpul di gedung Telkom Kediri untuk diberihkan pengaraha singkat oleh para panitia KI IM

Selepas sambutan dari Kepala dinas pendidikan kab. Kota kediri. Kami peserta pun mulai perkenalan diri satu per satu. Yang uniknya saat saya hendak duduk ditaya oleh salah satu peserta profesi "mas SPK itu serjana perawat kesehatan ta ?" Ya munkin kedengarannya saat saya memperkenalkan saya lulusan SPK jelas aneh bagi peserta profesi lain, wajar karena mereka semuanya ada embel-embel dibelakang nama.
Saya terus meluruskan SPK itu sekolah perawat kesehatan sama dengan SMK.


Saya ditugaskan di Kec. grogol des. Kalipang.

Saya cukup gugup dan sangat tidak percaya diri bagaimana mungkin dengan lulusan SPK bisa memberikan inspirasi pada anak - anak.

Seharusnya sangat pas kalau memberikan motivasi itu memiliki profesi dibarengi memangku jabatan strategi tertentu, memiliki pangkat tertinggi , meraih prestasi, gelar, dan mendapatkan penghargaan tertentu.

Setelah mengunjungi salah satu sekolah dasar di pedalaman desa Kalipang, yang jauh terletak di atas pegunggunungan itu, ternyata ketika ditanya cita - cita ," apa cita - cita adik - adik ? Ada yang menjawab " Polisi, Tentara, Pilot, Pemain sepak bola ,dll"

Ternyata tak ada satupun yang menyebutkan " perawat "

Ketika saya menanyakan lagi " kalau dengan seragam putih - putih seperti ini kira - kira kakak kerjanya apa ? " semuanya secara serentak menjawab " Dokter ".
Dan jujur saja untung diantara mereka tidak menyebut saya "pocong" hehe...

Akhirnya saya pun langsung menyampaikan bahwa kakak sebagai Perawat yang tugasnya kakak merawat orang sakit , dengan penjelasan tersebut saya pun langsung bermain bersama mereka sambil memberikan inspirasi bahwa tugas perawat tidak kalah mulia dimata Tuhan.

Saya waktu itu tidak tahu sipa tokoh perawat Indonesia sosok yang bisa bisa diceritakan pada adik - adik.

Baru - baru ini baru saya tahu ternyata ada satu satunya laki - laki di Indonesia menjadi Guru besar Keperawatan.

ya singkatnya Harapan saya semoga mereka ini bisa seperti Prof Dr. Nursalam MNurs (Hons)

Sekian sepenggal pengalaman.
Semoga bisa menghibur teman teman sejawat yang lagi sibuk dengan tetesan infus..


SALAM SUPER.
Agustinus Reko /Super FB Grup