Header Ads

SURAT TERBUKA KAMI ”SUARA PERAWAT INDONESIA” UNTUK BAPAK GUBERNUR ZUMI ZOLA YANG TERHORMAT


Minggu 22 januari 2017 terus ramai perbincangan di media sosial mengenai bapak gubernur yang terhormat bapak Zumi Zola terkait sidaknya ke RSUD Raden Mataher Jambi, dan beredar pula vidio yang berdurasi kurang lebihnya 3 menit, banyak kontroversi dari para netizen dalam menanggapi vidio tersebut.

Terlepas dari semua kasus ini, biarlah profesi kami profesi tenaga kesehatan yang khususnya kami perawat indonesia menjadi sebuah ajang evaluasi, evaluasi kami di berbagai lini, semoga dari kejadian ini akan menjadi hikmah buat kami tenaga kesehatan khusunya kami perawat indonesia.


Dear bapak gubernur yang terhormat,
Dalam melakukan sidak dan mengevaluasi kami selaku tenaga kesehatan khusunya kami Perawat Indonesia, perlakukanlah kami sebagai profesi perlakukanlah kami sebagai manusia, kami masih mempunyai hati dan perasaan, kesalahan kami bukanlah kesalahan seperti maling bahkan koruptor yang benar-benar hina yang menyengsarakan rakyat.

Dalam melakukan evaluasi tidak harus dengan intonasi tinggi, pukul meja bahkan sampai menendang kursi dan tempat sampah, kami itu manusia pak bukan binatang yang harus di berikan shok therapi seperti itu. Bapak gubernur adalah adalah pemimpin kami. Selayaknya lah bapak harus memberi contoh untuk kami dan publik, bapak lah yang harus jadi panutan semestinya, marah berteriak lantang, mengamuk pukul meja bahkan menendang kursi untuk mengevaluasi bukanlah sikap yang patut untuk di contoh karena sama sekali tidak akan memecahkan masalah.

Dear bapak gubernur yang terhormat jangan sebuah ego tersebut menjadi pembenaran karena kekuasaan bapak. Entah apa tujuan bapak yang terhormat melakukan sidak dengan membawa sejumlah awak media, apakah itu sebuah pencitraan atau ada hal yang lain yang mendasari semua itu.
Hanya bapak Zumi Zola dan Tuhan yang tahu. Dan semua kejadian itu ada proses sebab akibatnya dan pertanggungjawabkanlah kelak di akhirat atas perbuatan bapak gubernur yang terhormat.

Atas kejadian ini bukan hanya tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit tersebut yang terluka hatinya. tapi kami seluruh tenaga kesehatan indonesia khusunya kami perawat indonesia sangat terpukul dan terluka melihat perlakuan bapak kepada teman sejawat kami.

Salam SUPER,
SUARA PERAWAT INDONESIA

Apriyatno A, Handoko D dkk

#
SURAT DUKUNGAN UNTUK DPW PPNI JAMBI

172 komentar:

  1. Menurut saya bapak gubernur itu sudah melakukan tugasnya dengan baik....
    Krn saya dengar ada pasien yang meninggal kejang2 dan pada saat itu tdk ada perawat semuanya pada tidur semuaa...
    Apakah itu benar...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain Sikapnya oak ZZ.. Yang ngak bisa diterima perawat Indonesia.karena arogansinya. Juga sudah ada klarifikasi kalo ada perawat yg jaga,tp pas pak Z dtg lg ke pasien
      Klo lihat di video, ada perawat yg pake jaket itu lo tunjuk tangan sambil blg saya yg jaga,tp ga digubris pak Z krn sdh terlanjur ngamuk.

      Hapus
    2. Apakah dengan harus membawa media pak anonim. Kalo memang mau membenarkan biro krasi. Harus dengan membawa media. Jika begitu bukan perbaikan yg di dapat. Tpi kebencian yg akan di dapat. Jika ingin menasehati seseorang sebaiknya jangan lah di hadapan publik tpi panggil mereka jauhkan dari media. Jika bapak yg susah sy sebut namax Zumi zola yg terhormat. Menasehati mereka di hadapan media sama saja bapak menjatuhkan harga diri nya sekaligus menghinanya. Dan sy rasa bukan perbaikan yg akan di dapat. Salam kami tenaga kesehatan yg jauh di timur.

      Hapus
    3. Perawatnya makan gaji buta..
      MakaNya pak Zz marahh..

      Hapus
    4. Pertanggung jawabkan kata-kata anda yang mengatakan "perawatnya makan gaji buta"

      Hapus
    5. Pertanggung jawabkan perkataan anda Pak Whiedy Olshop...suatu saat pasti anda membutuhkan tenaga perawat...

      Hapus
    6. Gaji buta pak ? Super sekali ,bapak tau hampir sebagian kami cman sukarelawan

      Hapus
    7. apa bapak Whiedy Olshop lernah mdrasakan menjadi seorang tenaga kesehatan itu seperti apa.? "makan gaji buta" ? bukamnya saat anda sakit psrawat yg mengurus anda?? mungkin bapak memiliki teman atau saudara yg seorang tenaga kesehatan tolong anda bertanya bagaimana rasanya..apakah mereka hanya bersantai?? tidak pak..
      kami semua sibuk...apakah kami bukan manusia yg tdk butih istirahat?? saya rasa anda bisa menjawab sendiri pak

      Hapus
    8. Hanya orang awam, dan yg ga punya prikemanusiaan yg blg " perawat makan gaji buta "..
      Qta dituntut untuk mensejahterakan masyarakat tetapi kapan qta disejahterakan pemerintah..

      Tenaga medis bukan Robot..
      Yg ga prlu makan, ga perlu istirahat, ga prlu mandi, ga punya hati,dll..
      Tenaga medis itu manusiaa..

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. Maaf pa whiedy olshop.perawat gaji buta dari mana? Tolong dijaga...klo kami harus teriak masalah kesejahtraan apa ada yg menanggapi.... Silahkan bapa cek berpa biaya sekolah kami dan gajibyg diterima oleh perawat....

      Hapus
    11. Saya gc setutu klau ada ynk bilang perawat makan gaji buta... karna perawat indonesia gajinya tak sebanding biaya2 kuliahx

      Hapus
    12. Saya gc setutu klau ada ynk bilang perawat makan gaji buta... karna perawat indonesia gajinya tak sebanding biaya2 kuliahx

      Hapus
    13. inilah kerennya indonesia, udah tau salah masi ada pembelaan. gmn mau bnr2 profesional n maju negara ini

      Hapus
    14. Sebaiknya permasalahan ini jangan menjadi panas. Sebaiknya kedua belah pihak saling intropeksi untuk kemajuan penanganan kesehatan masyarakat indonesia. Kl masalah gaji perawat insyallah banyak sosialnya. Nilai sosial itu Menjadikan amalan dikemdian hari

      Hapus
    15. Pembelaan tingkat tinggi.
      Pembelaan sesama profesi.
      Pembelaan agar berharap tidak terjadi lagi sidak seperti ini.
      Jadi para prwat semakin takut terbongkar aktifitas di tempt kerjaan dan tidak merasa leluasa lagi istrhat dit4 kerja.

      Sepertinya semua perawat mendukung perawat yg dimarahi zumi zola. Dan membenarkannya.
      ..
      Komen yg diatas.Perawatnya makan gaji buta ada yg jawab. Ingat kamu nanti butuh perawat. Apa hubungannya coba.
      Perawat kok sperti ini. Macam anak mama semua. Mentalnya bukan mental survive.
      Klo klian sakit cari siapa?
      Ya cari dokter.
      Apa iya perawat yg sepenuynu merawat pasien? Palingan cuma ngingatin minum obat. Yg ngerwat y keluarganya.

      Masalah shift mlm. Mikir sndri Di indomaret misalnya . Atau di pabrik2 misalnya.
      Masalah gaji??
      Klo merasa kurng knapa gk cari yg lebih baik.
      Seperrinya banyak prawat yg sangat mengistimewakan profesinya sndri. Merasa semua orng butuh. Padahal pada dasarnya perawt itu hnya sebuah profesi. Sama seperri polisi.tntra. kntoran.buruh dll.
      Klo kamu sakit. Cari apa? Cari perawat kn? Ok . Ok. Betul(walaupun gk sepenuhnya, krna pasti nyri dokter atay beli obat sndiri. Tapi biar mudh anggap betul).
      Kalo kmu mau buat rumah, cari tukang kan? Yup.. betul juga. Yg gak betul klo kamu sakit malah nyari tukang.

      Ok. Ok. Ok bapak ibu perawat. Kami hargai kerja keras anda siang malam. Anda kerja menyelematkan nyawa selayaknya anda dapat gaji yg banyak seperti dokter . Dan fasilitas yg banyak. Jam kerja yg flexible.
      Kalau buruh kerja yg shift malam nonstop tnpa tidur, gak usah trlalu di pikirkan krna buruh hanya membuat barang atau jasa.

      Jgn pelihara ego dan rasa bangga diri sendiri. Mentang2 krna punya sepatu merk xyz, selalu berkoar2 klo merk xyz itu apapun barangnya selalu bagus

      Hapus
    16. Kalau istri /anak anda yg ada diposisi itu (perawat yg jaga malam ) msh sesombong inikah anda berkomentar

      Hapus
    17. KALAU ISTRI /ANAK ANDA YG ADA DIPOSISI ITU A9PERAWAT YANG JAGA MALAM ) MASIH SESOMBONG INIKAH ANDA BERKOMENTAR...

      yang jelas saya akan memarahinya karena ditempat kerja bukannya kerja tapi malah tidur,

      Hapus
    18. Subhanallah,semoga Allah S.W.T mendengarkan anda pak

      Hapus
  2. Tidak selayaknya pemimpin bersikap dan bertindak seperti itu,kami perawat indonesia adalah suatu profesi yg didapat dengan menempuh pendidikan sesuai profesi kami..jika kami salah bisa ditegur dengan cara yg elegan pak gubernur..pencitraan banget pak gubernur n niat bgt tengah malam bawa wartawan..ada perawat yg jaga memakai baju biru sedang ke pasien pak..sangat kami sesalkan bapak org yg notabene berpendidikan tp justru memberikan contoh yg tdk beretika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembelaan tingkat tinggi.
      Pembelaan sesama profesi.
      Pembelaan agar berharap tidak terjadi lagi sidak seperti ini.
      Jadi para prwat semakin takut terbongkar aktifitas di tempt kerjaan dan tidak merasa leluasa lagi istrhat dit4 kerja.
      Perawat kok sperti ini. Macam anak mama semua. Mentalnya bukan mental survive.
      Klo klian sakit cari siapa?
      Ya cari dokter.
      Apa iya perawat yg sepenuynu merawat pasien? Palingan cuma ngingatin minum obat. Yg ngerwat y keluarganya.

      Masalah shift mlm. Mikir sndri Di indomaret misalnya . Atau di pabrik2 misalnya.
      Masalah gaji??
      Klo merasa kurng knapa gk cari yg lebih baik.
      Seperrinya banyak prawat yg sangat mengistimewakan profesinya sndri. Merasa semua orng butuh. Padahal pada dasarnya perawt itu hnya sebuah profesi. Sama seperri polisi.tntra. kntoran.buruh dll.
      Klo kamu sakit. Cari apa? Cari perawat kn? Ok . Ok. Betul(walaupun gk sepenuhnya, krna pasti nyri dokter atay beli obat sndiri. Tapi biar mudh anggap betul).
      Kalo kmu mau buat rumah, cari tukang kan? Yup.. betul juga. Yg gak betul klo kamu sakit malah nyari tukang.

      Ok. Ok. Ok bapak ibu perawat. Kami hargai kerja keras anda siang malam. Anda kerja menyelematkan nyawa selayaknya anda dapat gaji yg banyak seperti dokter . Dan fasilitas yg banyak. Jam kerja yg flexible.
      Kalau buruh kerja yg shift malam nonstop tnpa tidur, gak usah trlalu di pikirkan krna buruh hanya membuat barang atau jasa.

      Jgn pelihara ego dan rasa bangga diri sendiri. Mentang2 krna punya sepatu merk xyz, selalu berkoar2 klo merk xyz itu apapun barangnya selalu bagus

      Hapus
    2. Di IGD. Selama tidak ada pasien, petugas medis bergantian utk jaga, tdk masalah kok. Kalau ada pasien, petugas medis yg berjaga langsung melayani, yg sedang istirahat (tidur2 ayam)semua langsung bangun(Bisa di bunyikan bell oleh petugas satpam/security saat pasien datang di pintu masuk). Ngak pernah tuh pasien komplain. Utk anonim di atas sy, perawat banyak loh kerjanya(maaf sy bukan perawat), makanya jangan cemburu sama perawat/tenaga medis kalau ngak bisa kerja begituan (ikut tes kuliah perawat ngak lulus2 ya, jadi halusinasi deh , eh bukan ilusi loh,he3x). Oh ya anonim di atas saya, sudah tahu belum , menurut penelitian berapa sih shift kerja tenaga medis yg baik. Coba bandingkan dengan di Indonesia.(juga bandingkan gajinya ya."Semua orang butuh uang tapi uang bukan segalanya") (Banyak baca ya biar tahu, jadi ngak kelihatan spt "tong kosong bunyinya nyaring"). Atau Anonim mau coba jaga sebulan. Biar tahu kesulitan dan tantangannya. Kok penangganan manusia di bandingkan sama benda di toko dan pabrik.

      Hapus
  3. Tidak selayaknya pemimpin bersikap dan bertindak seperti itu,kami perawat indonesia adalah suatu profesi yg didapat dengan menempuh pendidikan sesuai profesi kami..jika kami salah bisa ditegur dengan cara yg elegan pak gubernur..pencitraan banget pak gubernur n niat bgt tengah malam bawa wartawan..ada perawat yg jaga memakai baju biru sedang ke pasien pak..sangat kami sesalkan bapak org yg notabene berpendidikan tp justru memberikan contoh yg tdk beretika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak selayak perawat saat jam kerja tidur juga X...

      Hapus
    2. anda gk ngerti dunia kesehatan, jd jga omongan anda,,khn giliran jagax, perawat jagax ada kok.,,nonton videox dlu geeh..
      emang pk zumi zola kalo d tempat kerja sprti apa,, ato cuma maen game dpan laptop

      Hapus
    3. Jangan sampe omongan anda senjata makan tuan whiedy olshop, kalo belum merasakan jaga malam jangan asal ngomong mulut buaya, manusia juga butuh istirahat, apakah gurbernur pernah merasakan jaga malam? Toh mereka hanya pergi dikawal, tidur malam bisa, kl jadi orang tinggi ga usah sok, kl uda jatuh kena kasus korupsi makan tuh sikap senonoh

      Hapus
    4. Kerja tu harus profesional donk harus ngerti tugas nya melayani dengan sepenuh hati

      Hapus
    5. Saya perawat!!! Jaga tu omongan yg bilang perawat makan gaji buta!!..bisa anda bayangkan ,andai saja ada keluarga anda yg masuk rumah sakit, perawat mogok kerja, maka itu akan menjadi musibah besar bagi anda....kemudian kalau bapak yg trhormat mengeluh dengan ada@ sebagian perawat yg tidur ketika jaga, saya yakin teman pasti sudah menjadi sesi jaga,,yang jadi pertanyaan!! Sudah pantaskah gaji yg di anggarkan untuk seorang perawat yg kerja@ kalau di hitung2 lebih banyak di bandingkan rekan2 medis lainnya...ni pr anda pak!! Kalau sudah bisa mengubah maka anda pantas untuk bertindak sedemikian..trm ksh

      Hapus
    6. Pembelaan tingkat tinggi.
      Pembelaan sesama profesi.
      Pembelaan agar berharap tidak terjadi lagi sidak seperti ini.
      Jadi para prwat semakin takut terbongkar aktifitas di tempt kerjaan dan tidak merasa leluasa lagi istrhat dit4 kerja.
      Perawat kok sperti ini. Macam anak mama semua. Mentalnya bukan mental survive.
      Klo klian sakit cari siapa?
      Ya cari dokter.
      Apa iya perawat yg sepenuynu merawat pasien? Palingan cuma ngingatin minum obat. Yg ngerwat y keluarganya.

      Masalah shift mlm. Mikir sndri Di indomaret misalnya . Atau di pabrik2 misalnya.
      Masalah gaji??
      Klo merasa kurng knapa gk cari yg lebih baik.
      Seperrinya banyak prawat yg sangat mengistimewakan profesinya sndri. Merasa semua orng butuh. Padahal pada dasarnya perawt itu hnya sebuah profesi. Sama seperri polisi.tntra. kntoran.buruh dll.
      Klo kamu sakit. Cari apa? Cari perawat kn? Ok . Ok. Betul(walaupun gk sepenuhnya, krna pasti nyri dokter atay beli obat sndiri. Tapi biar mudh anggap betul).
      Kalo kmu mau buat rumah, cari tukang kan? Yup.. betul juga. Yg gak betul klo kamu sakit malah nyari tukang.

      Ok. Ok. Ok bapak ibu perawat. Kami hargai kerja keras anda siang malam. Anda kerja menyelematkan nyawa selayaknya anda dapat gaji yg banyak seperti dokter . Dan fasilitas yg banyak. Jam kerja yg flexible.
      Kalau buruh kerja yg shift malam nonstop tnpa tidur, gak usah trlalu di pikirkan krna buruh hanya membuat barang atau jasa.

      Jgn pelihara ego dan rasa bangga diri sendiri. Mentang2 krna punya sepatu merk xyz, selalu berkoar2 klo merk xyz itu apapun barangnya selalu bagus

      Hapus
  4. Perawat juga manusia bukan robot yg harus kerja kapn saja pasti butuh istirahat kalau perawat sampai sakit apa ka pihak pwmerintah mau biayai ki biaya sakitnya.
    Jadilah pemimpin yg bijak dan setidaknya buatlah surat teguran terlebih dahulu sebelum sidak.
    Kalau tdk ada surat edaran itu artinya tidak resmi.

    Saya dukun perawat indoneaia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah kebalikan sangat mendukung aksi bapak zz.coba diposisikan kluarga kita di dalam nya dalam keadaan kritis lalu mencari siapa dulu kalau bukan prawat mbak.yang ada di video nya mereka sudah sering melakukan nya setidak nya bekerjalah dengan hati kalau ingin istirahat tuk tidur seenggak nya bisa gantian dengan teman yg jaga tidak semua nya harus ikut tidur jg kan

      Hapus
    2. Maaf bu, saya tanya. Ibu tau gak berapa jumlah perawat suatu rumah sakit? Ibu tau berapa jumlah perawat jaga? Kalau gak tau, janganlah ikut menghujat

      Hapus
    3. Maaf bu dini, klo ibu melihat video lgkpnya, ada 1 perawat jg, namun dy lg bertugas ganti infus pasien, kan sdh gantian, cma pas si pak perawat tsb ngomong klo dy yg jg, si pak gubernur yg terhormat tsb tdk menggubris. Jgnlah menghujat , klo kami salah tegurlah dgn baik, bkn dbentak".

      Hapus
    4. Itu jam malam mba dini,,
      Bukan jam siang, jdi bobo enak deh..

      Hapus
    5. Memang cerita nya seperti apa?
      Apakah ada yg bisa membuktikan hasil kerja maksimal nya
      saya keluarga pasien yg meninggal d rs tersebut pada tahun 2010 lalu pada jam 7 pagi,dokter dan perawat kemana semua waktu itu mulai skratulmaut jam 5 subuh hingga menghembus kan nafas terakhir jam 7 kantor rawat inap bedah kelas 3 nya kosong dan lampu dimatikan pada saat itu saya menggunakan kartu jamkesda yg sebelum nya dipersulit untuk digunakan

      Hapus
    6. Perawat juga manusia bukan robot yg harus kerja kapn saja pasti butuh istirahat kalau perawat sampai sakit apa ka pihak pwmerintah mau biayai klu biaya sakitnya.
      LAH,,????itu kan tugas dan,tanggung jawab seorang perawat,,kerja siang dan malam itu sama,,jadi jika ingin tidur atau tidak sanggup melaksanakan tugas lebih baik tidak memilih pekerjaan sbg perawat,,,dan jikalau sakit kan ada asuransi kesehatan yang di biayai pemerintah

      Hapus
    7. Klo istrhat itu tidak masalah.yg masalah itu manajemennya.harusnya yg namanyA jaga malam itu HARUS ada yg melek.min 2 org.yg lain tdr utk yg ngaplus.gtooooo

      Hapus
    8. Kalau salah mengaku aja salah, Siapa bilang perawat itu robot, apa kalian jaga 24 jam? Tidak kan ? Kaian pasti diberi waktu istirahat, pasti smua punya jadwal shift bergantian. Apa kalian tidak tau konsekuensix sblm menjadi perawat? Apa kalian tdk tau kalau perawat itu kadang jaga malam? Kalau kalian keberatan utk jaga malam, berehenti aja jd perawat, tidur aja dirumah?

      Hapus
    9. Pada buta ya matanya, di video itu ada 1 perawat jaga yg masih bangun dan menjalankan tugasnya, yg tunjuk tangan pakai jaket biru. Kadung malu zumi zola tuh udah marah2.

      Hapus
    10. Pak basok firmansyah@ yang namanya maut ya gk ada yg bs halangi kedatangannya, mau semuda apapun usianya tapi kalo emg udh waktunya mati ya mati aja

      Hapus
  5. Saya sangat setuju dengan sikap bpak Gubernur.karena dari beberapa perawat yg ada semuanya dalam keadaan tertidur trus kalau ada keadaan darurat siapa yg mau tangani.kalau merasa gajinya masih kurang ya tidak usah kerja masih banyak orang yg mau kerja sperti itu tapi tdak bisa trus ada yg di kasi pejerjaan malah di salahgunakan...Kalau mau tidur yg di rumah jangan di tempat kerjaaaaa...Emank tidak bisa di atur siapa yg tidur trus siapa yg standby..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak atau ibu tidak tau cerita sebenarnya, yang jaga itu lagi ngecek pasien. Anda nonton video dg jelas, ada orang yang pakai jaket. Dia yg jaga, kalau gak tau cerita jangan sembArang coment

      Hapus
    2. Sblum brkomentar lht n tonton bk2 video... Pd saat it msh ad orwat yg jg d nurse station hax sj saat sidak prwat yg stsndby it lg d px.... Jgn asal menjudge... Anda tdk tw bgmn cr mrk bkrja jgn asal mmbri comment.... Sblum anda mngjari tntg cr shif mlm... Pr prwat it sdh tw n hfal btul ap yg hrs mrk lkukan...

      Hapus
    3. Kalo gak teriak gak bakal kdengaran,,kalo gak nendang kursi sama t4 sampah gak.bakal bangun,,dan kalo.gak bwa awak media pas ketahuan mereka cuman pada tidur gak ada bukti dongg,,msyrkat gak bakal tau yg sbenernya mereka tidur atau kerja,,standby pa kagak
      Lah nanti dah ketahuan gini,,ngeles ini itu
      Ya emng manusiawi sih tidur,tapi kan jam kerja
      Nnti kalo dah pulng rumah ya silahkan,,monggo

      Hapus
    4. Enak ya ngomong doank! Brarti klo kmi bicara ama anda2 kmi boleh teriak2 tendang2 donk biar anda2 denger dan ndak banyak mengeluh! Klo pada sakit pergi aja ke dukun sana,jangan cari tenaga kesehatan...

      Hapus
    5. Yg belum pernah merasakan kerja di saat orang lain istirahat tetep bakal menghujat, saya bukan perawat, saya juga bukan tenaga kesehatan. Tapi saya mendukung orang2 para perawat dan tenaga kesehatan. Semua tidak bisa dilimpahkan ke petugas kesehatan, pemerintah juga harus ikut andil dalam mengevaluasi permasalahan yg dirasakan oleh pasien.

      Hapus
    6. Yg belum pernah merasakan kerja di saat orang lain istirahat tetep bakal menghujat, saya bukan perawat, saya juga bukan tenaga kesehatan. Tapi saya mendukung orang2 para perawat dan tenaga kesehatan. Semua tidak bisa dilimpahkan ke petugas kesehatan, pemerintah juga harus ikut andil dalam mengevaluasi permasalahan yg dirasakan oleh pasien.

      Hapus
    7. Pembelaan tingkat tinggi.
      Pembelaan sesama profesi.
      Pembelaan agar berharap tidak terjadi lagi sidak seperti ini.
      Jadi para prwat semakin takut terbongkar aktifitas di tempt kerjaan dan tidak merasa leluasa lagi istrhat dit4 kerja.
      Perawat kok sperti ini. Macam anak mama semua. Mentalnya bukan mental survive.
      Klo klian sakit cari siapa?
      Ya cari dokter.
      Apa iya perawat yg sepenuynu merawat pasien? Palingan cuma ngingatin minum obat. Yg ngerwat y keluarganya.

      Masalah shift mlm. Mikir sndri Di indomaret misalnya . Atau di pabrik2 misalnya.
      Masalah gaji??
      Klo merasa kurng knapa gk cari yg lebih baik.
      Seperrinya banyak prawat yg sangat mengistimewakan profesinya sndri. Merasa semua orng butuh. Padahal pada dasarnya perawt itu hnya sebuah profesi. Sama seperri polisi.tntra. kntoran.buruh dll.
      Klo kamu sakit. Cari apa? Cari perawat kn? Ok . Ok. Betul(walaupun gk sepenuhnya, krna pasti nyri dokter atay beli obat sndiri. Tapi biar mudh anggap betul).
      Kalo kmu mau buat rumah, cari tukang kan? Yup.. betul juga. Yg gak betul klo kamu sakit malah nyari tukang.

      Ok. Ok. Ok bapak ibu perawat. Kami hargai kerja keras anda siang malam. Anda kerja menyelematkan nyawa selayaknya anda dapat gaji yg banyak seperti dokter . Dan fasilitas yg banyak. Jam kerja yg flexible.
      Kalau buruh kerja yg shift malam nonstop tnpa tidur, gak usah trlalu di pikirkan krna buruh hanya membuat barang atau jasa.

      Jgn pelihara ego dan rasa bangga diri sendiri. Mentang2 krna punya sepatu merk xyz, selalu berkoar2 klo merk xyz itu apapun barangnya selalu bagus

      Hapus
    8. Lucu yah udah salah masih membela... Memang ada 1 yang jaga tapi coba kita sedikit berandai2 perawat yang satu itu lagi nanganin pasien a dan tiba2 pasien b juga butuh pertolongan gimana? Apa perawat satu itu harus di belah badannya? Klo yang saya liat dari video di situ ada 4 orang kan?apa susahnya sih 2 tidur 2 jaga... Padahal sebenarnya mereka harusnya ngga boleh tidur kan siangnya udah banyak waktu untuk istirahat harus adil dong sama perwat yang siang... Kalian kan di gaji buat ngerawat pasien bukan untuk tidur... Semua pekerjaan ada konsekuensinya mas... Mas2 perawat coba posisikan diri jadi pengguna jasa contoh di mini market 24jam masnya blanja tuh tiba2 mau bayar kasirnya lemottt kerjanya lama dsb mas pasti marah... Mereka pasti membela diri udah malam pak otaknya udah lelah hahahahah kan kita sebagai pengguna jasa ngga mau tau donk... Kan mereka di gaji untuk itu dan tugas mereka harus pintar2 ngejaga tubuh dan membagi waktu mereka agar tidak mengganggu kinerja kerja mereka.

      Hapus
    9. Lucu yah udah salah masih membela... Memang ada 1 yang jaga tapi coba kita sedikit berandai2 perawat yang satu itu lagi nanganin pasien a dan tiba2 pasien b juga butuh pertolongan gimana? Apa perawat satu itu harus di belah badannya? Klo yang saya liat dari video di situ ada 4 orang kan?apa susahnya sih 2 tidur 2 jaga... Padahal sebenarnya mereka harusnya ngga boleh tidur kan siangnya udah banyak waktu untuk istirahat harus adil dong sama perwat yang siang... Kalian kan di gaji buat ngerawat pasien bukan untuk tidur... Semua pekerjaan ada konsekuensinya mas... Mas2 perawat coba posisikan diri jadi pengguna jasa contoh di mini market 24jam masnya blanja tuh tiba2 mau bayar kasirnya lemottt kerjanya lama dsb mas pasti marah... Mereka pasti membela diri udah malam pak otaknya udah lelah hahahahah kan kita sebagai pengguna jasa ngga mau tau donk... Kan mereka di gaji untuk itu dan tugas mereka harus pintar2 ngejaga tubuh dan membagi waktu mereka agar tidak mengganggu kinerja kerja mereka.

      Hapus
  6. Saya setuju dengan bapak zumi zola..
    Itu udah tanggung jawab kalian sebagai perawat..setau saya kan udah ada waktunya masing"..mulai jam berapa sampai jam berapa mereka kerja..itu udah tanggung jawab mereka untuk berada di posisinya masing" sampai jam kerjanya mereka kelar..bukannya tidur !!

    Semangat bapak gubernur !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah jaga malam 12 jam sdh semestinya mmng bekerja, tp anda sdh prnh jaga 12 jam? Klo belum cb deh laksanakn, sy kerja di Ugd klo mmng ad pasien kmi baik dokter maupun perawat tidak ad yg tidur, tp klo tdk ad pasien ap kami hrs berdiri trus? Kalian awam tdk tau resiko yg dihadapi petugas kesehatan, cm menuntut mendapat pelayanan yg trbaik, tp tdk tau perjuangan nakes untuk mmberikan pelayanan trsebut, apalagi ad wacana "klo gt knp kalian jadi dokter/perawat? ",,oke bs saja itu benar semoga nanti stlh bnyk orng yg komen seperti itu banyk dokter sama perawat yg mogok kerja, silahkan klo sakit rawat diri sendiri aja, kan resiko anda jadi pasien!!

      Hapus
    2. amelya lenge namanya manusia kalo tiap hari jadwal kerjanya diganti tubuh bakalan protes. anda kerja cuma pagi... coba jadi perawat senin piket pagi, selasa piket siang rabu piket malam. itu baru piket. apa manusia g butuh sosialisasi? coba kalo perawat itu seorang ibu .. pagi urus anak masak nyuci siang mau istirahat bentar anak dah pulang.. anak mau tidur ditinggal berangkat kerja demi apa coba!!! demi niat menolong masyarakat yang sakit.. dan kalo udah ada niat itu mau jam 12 malem tenaga udah diporsir seharian apa g boleh istirahat 30 menit saja... perawat itu kalo anda tau pekerjaannya berat tapi disepelekan. disepelekan gajinya dan tenaganya.. nah kalo gitu kenapa jadi perawat? tz siapa yang mau jadi perawat??? kamu mau?? udah untung ada yang mau jadi perawat. asal tau saja perawat indonesia itu jumlahnya juga masih kurang. idealnya 5 pasien 1 perawat.. indonesia 30 pasien 1 perawat.. pasien nya macam orang2 yang g pernah berterimakasih .. salah kah memilih pekerjaan yang masih bnyak lowongannya..

      Hapus
    3. Setuju..pak anonim pasti baru merasakan jika perawat dan dokter pada mogok kerja sehingga mereka kebingungan yg terus memojokan profesi kita...salam perawat indonesia dari Jabar

      Hapus
    4. Makan gaji buta?????? Estttttt kebanyakan Dr kita krja bakti,g makan gaji.....

      Hapus
    5. Sampe upin ipin lulus kuliah juga mereka yg gak perna tau dunia kerjanya nakes gak bakalan paham dan pasti bakalan ngejudge perawat terus.. kalian kan gak tau gimana resikonya kerjaan perawat. Apa iya pasien yg udah tidur itu mau ditungguin dan dipelototin terus sampe pagi ??? Semoga saja yg ikutan ngejudge perawat gak perna sakit soalnya ntar kalo sakit malu tu sama omongan sndiri kalo akhirnya dateng ke rs pasti perawat yg ngurusin.

      Hapus
    6. Intinya pak zumi zola tidak ber keprimanusiaan . Cari sensasi !

      Hapus
    7. Intinya pak zumi zola tidak ber keprimanusiaan . Cari sensasi !

      Hapus
  7. Bapak gubenur lagi rindu main sinetron, bapak yg terhirmat apaka dengan melakukan sidak tenga malam membawa media2, untk apa pa, klau bapak teriak2 nendan sini nendang situ klau ada pasien yg jantungan meningal apa bapak yg tanggung jawab? Apakah seorang pemimpin menegur bawahannya sepwrti itu. Pa kami sebagai perawat jga manusia pa. Pa Gubenur kami bukan berhadapan dengan kertas. Hirmat kami PERAWAT DARI TIMUR.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tugas media untuk meliput merupakan warning untuk seluruh perawat & dokter yang bekerja di RS pemerintahan, supaya hal tersebut tidak terulang kembali didaerah manapun.

      Hapus
    2. Apakah baoak gurbernur berfikir, menedang tong sampah nggebrak meja ga bikin pasien kaget, untung saja mereka ga apnea, kalau gara2 kaget mereka apnea yg mau disalahkan sapa? Perawat? Orang politik biasanya cerdas (katanya)

      Hapus
    3. Saya perawat indonesia
      Terimakasih pak Gubernur jambi yg telah membuat sensasi
      Disini kami beritahukan kepada pemerintah bahwa kami tidak sejahtra dengan profesi kami
      Biaya sekolah kami tinggi tapi secara financial kami kalah dengan pekerja yg lain
      Tapi kami sering dilihat sebelah mata oleh orang orang yg tidak tahu betapa beratnya pekerjaan kami
      Oleh sebab itu kami perawat indonesia mohon dilihat keberadaan kami .
      Salam perawat indonesia

      Hapus
    4. Kalo mau hitung2 an biaya sekolah. Knp anda dulu milih sekolah perawat kalo memang cita2 mau banyak uang. Carilah sekolah pengusaha atau kursus2 entrepreneur yg bisa bikin biaya skolah anda balik modal bahkan anda bisa kaya. Tujuan anda sekolah perawat aja udh salah.kalo anda punya jiwa entrepreneurhip walaupun anda jadi perawat pasti anda jd perawat yg teladan, engga mengungkit2. Tidak ada yg menganggap pekerjaan perawat sebelah mata, kami hanya ingin kalian melaksanakan kewajiban yg sudah seharusnya. Mungkin cara bapak gubernur memang salah, cuma rasanya ga enak kalo mesti diungkit2 dr biaya sekolah sampe financial. Masalah peningkatan financial harusnya jd urusan anda bagaimana caranya jd manusia yg kreatif bukan urusan pemerintah dalam menggaji dan menuntuk kesejahtraan. Skrg kalo kita sejahtrakan lagi perawat bagaimana dengan bidang pelayanan publik lainnya? Ini tidak akan jadi penyelesaian menurut saya. Jalankan kewajiban anda terlebih dahulu baru tuntut hak anda. Apabila hak anda ga terpenuhi baru anda boleh menuntutnya.

      Hapus
  8. Bapak gubenur lagi rindu main sinetron, bapak yg terhirmat apaka dengan melakukan sidak tenga malam membawa media2, untk apa pa, klau bapak teriak2 nendan sini nendang situ klau ada pasien yg jantungan meningal apa bapak yg tanggung jawab? Apakah seorang pemimpin menegur bawahannya sepwrti itu. Pa kami sebagai perawat jga manusia pa. Pa Gubenur kami bukan berhadapan dengan kertas. Hirmat kami PERAWAT DARI TIMUR.

    BalasHapus
  9. Orang yang comment rata2 tidak mengetahui cerita sebenarnya, dak saya doakan semoga tidak ada keluarga yang comment miring keluarga nya yg jadi perawat. Biar tidak merasakan apa yang perawat rasakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang apa yg perawat rasakan?? Kalo merasa bekerja di RS pemerintahan gaji kecil dan tidak difasilitasi, lalu kenapa anda kejar2 utk bs jadi PNS..? Bekerja sebagai perawat adalah pekerjaan yg mulia, sudah jelas betul anda tau konsekuensi tugas anda sebagai perawat harus bekerja dengan shift, menjaga pasien, memberikan pelayanan kepada pasien, yang gaji kalian lhoo uang2 dari rakyat, mawas dirilaah, dalam kasus ini tidak ada yang melarang perawat untuk istirahat, tapi alangkah baiknya kalau dapat membagi waktu bergantian, masalah ada berapa perawat yg jaga di RS saat itu yaa bisa kalian atur sendirilah untuk pembagian waktu nya...

      Hapus
    2. Rasanya hampir semua profesi uang yg didapat dari rakyat, mawas diri jugalah anda, semoga keluarga anda ga ad yg jadi nakes, kasian punya keluarga kayak anda

      Hapus
    3. Bukan masalah cerita sebenarnya,,, anda tau perasaan keluarga pasien yg meninggal karna penanganan medis yg lambat,,,
      Sebelum menjadi perawat pasti sdh tau kerjanya apa...bukan begitu...
      Intinya setiap kejaan harus ada tanggung jawab...

      Hapus
    4. Yg namanya kerja itu harus profesional, kalau tidak mampu kerja malam atau shift"an, ya cari saja kerja lain, itu sudah konsekuensinya, intinya itu sebagai pekerja malam harus pintar atur waktu istirahat

      Hapus
    5. maaf pa atau bu.. anonim.. sya sebenarnya bnyak mbca komen ini dri anda....dsisi lain ada mbela tpi dsisi lain anda pula mnyalahkan...
      kalo boleh sy brpndapat sdkit sidak mmg biasa x d ikuti olh awk media krn didaerh kmi klo bupti sidak itu psti media mliput dlm hal sidak apapun...msalah gaji benar kata pa anonim klo tau dRS pemerintah hnya bgitu knpa berlnba2 Ingin jdi PNS..mbndingkan mhal skolah x dbndingkan gjix...mhn maaf lagi smua x tau klo skolah x mahal tpi itulh knsekwensix skolah itu krna yg mnginginkan skolah itu adlh dri kita jdi apapun knsekwensi x kita hrus siap..sy jga bkerja d bag playanan kpd masy kdg masy tdak puas utk berurusan atau dbilng kita mpersulit kdg ada jg masy yg bsa mbentak atau mrah2..tpi krna knsekwensi kta brhdpan dgn masy suka tdk suka kta hrus mnrima dn hrus mnjlskn kpda masy Yg blm mngerti ap yg sdh mreka urus itu ssuai prosedur atau tidak...kita hdup ni sma sling mbutuhkan..kita dgjih utk mlyani masy wlaupun kecil dn tdk ssuai pkerjaan tpi ttap lh smngt.. pa Gub jga sbnar x ga perlu mnendang bak smpah ksian juga org diruangan bisa kget... Tpi mnurt sya mhon maaf bila ada slah dlm pnyampaian pndapat ini.. krn inilah pndpat dgn mksud agr kta smua bisa sling bahu membahu untuk msejahtrakan masyrkt dan sling mnjga stu sma lain... tks

      Hapus
  10. BARANG SIAPA MENASEHATI SAUDARANYA BERDUA SAJA (RAHASIA) MAKA ITULAH NASEHAT DAN BARANG SIAPA MENASEHATI SAUDARANYA DIDEPAN ORANG BANYAK MAKA SEBENARNYA DIA MEMPERMALUKANNYA (ITU SEBUAH HINAAN BAGINYA)
    "Al Hafiz Ibnu Rajab dalam Jami' Al 'Ulum wa Al Hikam, hal. 77"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus, tapi kdg2 pejabat sebahagianya bangga marah2 didepan umum, merasa dirinya pahlawan,itu pemimpin yg aneh/bs dinilai kurang bijak, kt btuh pemimpin bijak dan bijaksana dlm tIndakanya.....

      Hapus
  11. Mohon ma'af teman2 semuanya, yang di lakukan pak zumi zola itu benar, karna demi masyarkat banyak, karna selama ini kondisi rs raden mataher pelayanan, kebersihan itu tidak baik, karna bermalas malasan,seharusnya mereka punya tanggung jawab untuk itu semua.

    BalasHapus
  12. Utk pak Zumi Zola yg terhormat...rasax lucu deh pak ngeliat bapak dtg sidak ke rumah sakit pake acara bawa wartawan...tujuanx apa pak??memangx bapak sdh mensejahterakan mereka pak...bapak tau apa yg mereka lakukan setiap malam saat jaga..apa bapak tau atau mungkin bapak lupa manusia itu pny jam biologis tubuh...bapak tidak pernah tau...kalau perawat itu bekerja penuh dgn resiko yg sangat tinggi mulai dari penyakit maupun lainnya...dan bapak tidak pernah tau mereka ttp berusaha lakukan yg terbaik wlaupun mungkin alat dan perlengkapan tdk memadai...jadi pak intinya..jadi pejabat itu jangan arogan dan cek dulu kebenaranx untung saja saat bapak tendang tong sampah itu kaki bapak tdk terkena barang2 infeksius...salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuannya biar mereka jera dan tidak lalai dalam bekerja, di tambah lagi banyak masyarakat yg mengeluh dengan rs setempat.
      Saya tanya mba, dalam peraturan ketenaga kerjaan perawat ada gak aturan di perbolehkan tidur di saat jaga?
      Intinya itu bagaimana seorang pekrrja malam/shift bisa mengatur jadwal istirahat atau tidurnya, ya klo jaga malam, ya di usahaiin tidur dirumahlah

      Hapus
  13. Hanya yg faham saja yg memberikan dukungan utk perawat dan yang gak tau apa2 yg memberikan dukungan buat pa ZZ. Lucu sih..pejabat ko seperti itu.. Biar lah, hanya nunggu waktu yang tepat untuk dapet imbalannya..Buat perawat yang ada di sana, tetap semangat ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmmm..tolong diperbaiki apa yang salah ,jangan malah mencari pembenaran..kalo tidak sanggup jaga malam ,gaji kurang ,jangan jadi perawat ,pada saat kelulusan anda pasti terima sumpah perawat ,coba baca sekali lagi boss,jangan disimpan aja ,tapi di terapkan ,jadilah perawat profesional ,biar bisa jadi kebanggaan masyarakat,karena itu memang sudah tanggung jawab profesi kalian ,..

      Hapus
  14. PERAWAT DI RS UMUM RADEN MATAHER EMANG PARAH MIN, ga usa menggeneralisasi perawat. mungkin di tempat lain perwat kerjanya bner, TAPI ENGGA DI RS INI.
    pada sok sibuk, sengak, boro2 senyum. orang nanya aja di jawab sekenanya
    tapi coba pasien nya gaya nya berduit. MUKA 2 semua, bangsat lah
    iya saya pernah di rawat disana dan (hampir) semua perwat gitu, yang muda2(ntah pegawai baru, ntah lagi magang) sih mending masi jawab kalo di tanya. yang tua2? anjirr serasa manager RS sibuknya
    GUA DUKUNG ZUMI ZOLA BERANTAS PERAWAT MALES

    BalasHapus
  15. Kasian ya mental per*wat yg gak setuju apa yg dilakukan pak gubernur... Gak mau maju dgn ada nya kejadian sperti ini. Anggap ajalah ini kritikan keras buat bgaimana pera*wat smstinya, mudah2an pihak terkait hal ini bisa membenahi sistem yg ada drmh sakit ini,agar smua pera*wat bs bkrja sebaik2 nya... Pak gubernur,saya setuju dgn tindakan anda.

    BalasHapus
  16. Siapa suruh lg jam kerja malah tidur
    Ambil contoh pekerja pabrik nohh, sbagian besar pabrik pasti ada shift malamnya, kalo waktunya kryawan kerja ya kerja, kalo wktunya kerja malah tidur ya jelas lah menyalahi aturan.apalagi smpe ketauan atasan, ya sama lah dimaki2, dibentak dll ..
    Masih untung kalian cuma dibentak, coba lgsg dipecat detik itu juga ?
    Pak Zumi, lanjutkan sikap disiplinmu tegakkan apa2 yg memang harus ditegakkan . Good job !

    BalasHapus
  17. Caranya bapak gubernur kurang dapat dibenarkan. Melakukan sidak semacam itu akan menimbulkan dendam, dan bukannya perubahan. Pemberian penyuluhan dan terjun langsung sebagai warga biasa untuk meneliti kinerja anak buahnya itu lebih baik daripada menjudge di depan media.
    Peribahasa nya "sinar bulan muncul karena adanya awan-awan pendukung "

    BalasHapus
  18. Mungkin yg dilakukan pak zz kurang pas saja coba klo sidaknya dilakukan dengan santun cari akar permasalahanya dengan hati ditanya setiap permasalahanya dan hambatan hambatan yg dihadapi dilapangan untuk menjadi bahan evaluasi ke depan, saya yakin pak zz sidak ke RS tsb pasti ada masukan dari masyarakat yang kecewa atau tidak puas dengan kinerja di RS tersebut jadi pak zz sdh merespon kegelisahan dari masyarakat namun cara nya saja yg menurut saya yg belum santun. Dengan kejadian tersebut semoga manajemen pelayanan di RS tsb dapat ditingkatkan sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan medis yg diharapkan.

    BalasHapus
  19. jangan kan nurse or perawat securiety pun tidur...di waktu jam kerja hnya saja mereka membuat sistem pergantian....hanya satu mau bilang terima kasih buat nurse yang pernah merawat saya smpai sembuh

    pesanan singkat buat netizen semua nya yang mrasa paling good kita tidak akan pernah tau apa rasa nya masalah itu selagi belum diri kita sendiri yang mengalami masalah itu kita hnya mnusia yang pndai hnya mlihat sisi buruk nya orang lain

    BalasHapus
  20. biarlah kita sebagai perawat dibully oleh manusia, asal allah tdk membully kita kaum perawat, hanya allah dan kita kaum perawat yg tahu, mereka yg mendugje kita negatif krn mereka tdk th usha dan jerih payah kita di dunia medis, mereka lp jika mereka sakit mereka minta tolong kesiapa, semua sudah ditakdirkan menjadi makhluk sosial, jadilah pribadi yg postif yg tdk terhasut oleh amarah dari diri kita sendiri, ya allah semoga kita kaum perawat engkau angkat derajat kita di akhiratmu kelak. amin

    BalasHapus
  21. Intinya kalo kerja jangan tidur.. mau mengelak kemana pun anda ttp salah.. kerja apapun dmna pun kLo saat jam kerja anda malah tidur itu salah..

    BalasHapus
  22. Intinya kalo kerja jangan tidur.. mau mengelak kemana pun anda ttp salah.. kerja apapun dmna pun kLo saat jam kerja anda malah tidur itu salah..

    BalasHapus
  23. lain kali kerja ntu jangan tidur, inget amanah kerjaan itu jangan makan gaji tidur

    BalasHapus
  24. @Yoga Hermawan .. .
    Mungkin anda tdak pernah ada diposisi mereka..
    Apakah mereka harus ttap berdiri atau dduk menunggu ketika pasiennya sudah mereka periksa dgn baik dan keadaannya sudah aman.. mungkin mereka butuh 15 menit untuk mengembalikan energinya ..
    Mereka manusia dan bukan robot .. stdaknya mereka juga mnggunakan energi utk melakukan pekerjaan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. istirahat 15 menit wajar lahbistirahat, cuma klo berbarengan itu gk wajar...klo emang benar cuma 15 menit harusnya bisa gantian seorang 15 menit...itu lebih fair...klo itu kan hampir semua yg tidur nya... masa yg jaga tinggal 1 orang??? perlu dipikirkan juga loh...

      Hapus
  25. Kerja profesionalisme... Perlu. Namun gubernur juga punya etika.. Bahwa pekerja kesehatan itu selalu siaga dalam respon emergency. Mereka istirahat... Itu manusia.. Kalau mau pukul meja di ruang sidang dpr bapak.. Lihat yg di gaji rakyat...dewannya ada yg tidur gak. Atau bapak sendiri perjalanan dinas... Sana sini... Ada gak yg sidak... Kalau gubernurnya jalan jalan pake nama kunjungan study banding. Padahal bawa keluarga. Tuh perawat tugasnya nyembuhin orang sakit... Jadi susah kerjaannya... Ya mbo e jangan di bikin susah... Pak gubernur bagus... Tegas... Tapi etika lah.. Hargai profesi mereka'apalagi pake mukul tong sampah.. Itukan aset rmh sakit.. Nanti pengrusakan lagi. Lebih baik itu ada dana alokasi untuk menambah kinerja agar mereka bisa sejahtera.

    BalasHapus
  26. Perawat makan gaji buta? D kirain gaji perawat itu gedong2 ya untuk makan ama sewa kos aja kurang

    BalasHapus
  27. Yang merasa berat dengan pekerjaan silahkan berhenti, masih ratusan ribu tenaga kesehatan yang ngantri untuk menggantikan posisi Anda.

    BalasHapus
  28. Rata rata RSUD seperti itu.... beda sama RS SWASTA pelayanannya... Saya kerja dipembangkit..sama halnya sprti anda, kerja pakai aturan shif. Jadi ga ada alasan.. jadi sya tahu bagaimana situasinya..

    BalasHapus
  29. Istirihat ma ho... mereka kan mmang sdh di plot kan untuk jaga malam artinya jam2 kerjanya mmang sudah diatur sesuai dengan tatanannya..artinya dia mmang harus siap dan stanby d saat malam tugas tersebut coba anda bayangkan posisi keluarga pernah dikabarkan meninggal disana gara2 keterlambatan penanganan adalah keluarga anda sendiri.. apakah yg anda pikirkan? Dan pak ZZ jg melakukan itu atas bnyaknya keluhan pasien2 yg pernah berobat disana..

    BalasHapus
  30. Istirihat ma ho... mereka kan mmang sdh di plot kan untuk jaga malam artinya jam2 kerjanya mmang sudah diatur sesuai dengan tatanannya..artinya dia mmang harus siap dan stanby d saat malam tugas tersebut coba anda bayangkan posisi keluarga pernah dikabarkan meninggal disana gara2 keterlambatan penanganan adalah keluarga anda sendiri.. apakah yg anda pikirkan? Dan pak ZZ jg melakukan itu atas bnyaknya keluhan pasien2 yg pernah berobat disana..

    BalasHapus
  31. setahu saya. klo perawat jaga mlm. besok nya libur. tidak tiap hari jaga mlm. kan sdh di atur waktu istirahat nya. menurut saya pemerintah indo ga kejam2 amat...
    klo gak salah sih.... jam kerja nya sdh di atur....

    BalasHapus
  32. Kan sudah ada shif kerjanya... Kalau gk mau jaga malem ya gk usa kerja...
    Semua pekerjaan ada tanggung jawabnya bos...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini adalah kritik yg tidak benar." Kalau enggak mau jaga malem enggakusah kerja" kritik yg bijak lah
      Saya sudah 17 tahun bekerja tapi tapi setiap dinas malam pasti ada yg stand by
      Yg pasti perawat itu profesi yg mulia dan terus melayani

      Hapus
    2. Keyboard warrior,
      Nama saja sudah anonim :)

      Hapus
    3. Jika tidak mampu mundur saja nanti pasien yg jadi korban
      tapi tidak semua perawat dan dokter seperti itu saya percaya,
      semoga dengan ini semua bisa jadi lebih baik,dokter dan perawat tentu nya tau pekerjaan mereka berhubungan dengan nyawa manusia,
      maju penuh tanggung jawab atau berhenti bila ragu dan merasa tidak mampu

      Hapus
  33. Jgn membenarkan apa yg salah...ini sebuah kritikan yg membangun..klw anda bisa terima brarti anda mw maju sodara...kalau pun bpk zz caranya kurang diterima...tpi lihat apa yg disuarakn itu untuk kepentingan orng banyak...mohon maaf kalau ada salah kata sodara

    BalasHapus
  34. ingat aja setiap tindakan pasti ada penyebabnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Just a keyboard warrior Anonim

      Hapus
    2. Just a keyboard warrior Anonim

      Hapus
  35. Kalian ini hanya tau nya menghujat saja kami perawat.
    Semua memang pakai shif tp ap pernah kalian berfikir kelayakan hidup kami,kami tdk pernah kalian hargai nampakny ya??? Tp jika keluarga anda sakit siapa yg selalu anda ganggu dokter tidak kami perawat,kami juga manusia bkn robot apa anda tau banyak dr kmi hanya di beri upah alah kadar ny kami yg bekerja ihklas merawat menjaga klu ada keluarga yg komplen kmi sasaran amarah ny pa pernh kmi mengeluh klu kmi dimaki2 oleh kluarga pasien???
    Tdk kn knp sie kmi yg tdk pernh mengeluh ihklas memberikn plyanan kesehatan,tp klian menghujat kmi begitu keras,knp kalian tdk pernh melihat pekerjaan profesi lain???
    Pa klian yakin para buruh yg hampir setiap tahun demon sampai lhir hari buru,gaji setiap thn UMR naik knp mereka tdk pernah disidak???
    Kmi hanya butuh keadilan bkn hijatan dan jgn salah kn kmi jika kami di hujat seperti ini terus pelayanan kami terhadap para keluarga saudara akn semkin berkurang dan klian jg lh yg akn merasakn dampak ny...( semoga kita petawat indonesia tetap bekerja ihklas ya)
    Salam perawat indonedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tidak mampu bisa berhenti,jika tidak sesuai juga bisa ganti profesi lain jangan karena masalah pekerjaan dan upah yg minim kalian tetap bekerja tapi tidak sepenuh hati,pasien yg jadi korban kalau begitu,coba para perawat lihat pasien dan keluarga pasien dengan hati bayangkan jika itu keluarga nya sendiri,pak zz sudah menegas kan jika tidak mampu jangan bekerja disini,apa kurang jelas lihat lagi video nya dengan jelas ya

      Hapus
    2. Perawat Indonesia @ kanapa anda berbicara seperti itu...?kalain sudah disumpah dan di gaji oleh negara...apakah dosa besar kalau kalian bekerja tdk sungguh-sungguh melayani masyarakat yg lagi sakit..kalain sedang jam piket atau sedang bekerja.

      Hapus
    3. Kalo mau hitung2 an biaya sekolah. Knp anda dulu milih sekolah perawat kalo memang cita2 mau banyak uang. Carilah sekolah pengusaha atau kursus2 entrepreneur yg bisa bikin biaya skolah anda balik modal bahkan anda bisa kaya. Tujuan anda sekolah perawat aja udh salah.kalo anda punya jiwa entrepreneurhip walaupun anda jadi perawat pasti anda jd perawat yg teladan, engga mengungkit2. Tidak ada yg menganggap pekerjaan perawat sebelah mata, kami hanya ingin kalian melaksanakan kewajiban yg sudah seharusnya. Mungkin cara bapak gubernur memang salah, cuma rasanya ga enak kalo mesti diungkit2 dr biaya sekolah sampe financial. Masalah peningkatan financial harusnya jd urusan anda bagaimana caranya jd manusia yg kreatif bukan urusan pemerintah dalam menggaji dan menuntuk kesejahtraan. Skrg kalo kita sejahtrakan lagi perawat bagaimana dengan bidang pelayanan publik lainnya? Ini tidak akan jadi penyelesaian menurut saya. Jalankan kewajiban anda terlebih dahulu baru tuntut hak anda. Apabila hak anda ga terpenuhi baru anda boleh menuntutnya.

      Hapus
  36. Perilaku pak zumizola telah tepat sebagai seorang gubernur dgn sejuta kesibukan,
    Klw soal pertanggung jawaban diakhirat saya rasa inilah perbuatan yg tepat.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Kalian ini hanya tau nya menghujat saja kami perawat.
    Semua memang pakai shif tp ap pernah kalian berfikir kelayakan hidup kami,kami tdk pernah kalian hargai nampakny ya??? Tp jika keluarga anda sakit siapa yg selalu anda ganggu dokter tidak kami perawat,kami juga manusia bkn robot apa anda tau banyak dr kmi hanya di beri upah alah kadar ny kami yg bekerja ihklas merawat menjaga klu ada keluarga yg komplen kmi sasaran amarah ny pa pernh kmi mengeluh klu kmi dimaki2 oleh kluarga pasien???
    Tdk kn knp sie kmi yg tdk pernh mengeluh ihklas memberikn plyanan kesehatan,tp klian menghujat kmi begitu keras,knp kalian tdk pernh melihat pekerjaan profesi lain???
    Pa klian yakin para buruh yg hampir setiap tahun demon sampai lhir hari buru,gaji setiap thn UMR naik knp mereka tdk pernah disidak???
    Kmi hanya butuh keadilan bkn hijatan dan jgn salah kn kmi jika kami di hujat seperti ini terus pelayanan kami terhadap para keluarga saudara akn semkin berkurang dan klian jg lh yg akn merasakn dampak ny...( semoga kita petawat indonesia tetap bekerja ihklas ya)
    Salam perawat indonedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf!!
      Klw memang anda ikhlass buat apa tulis" yg beginian??
      Pkrjaan yg brhubungan lngsung dgn mnsyrakat yaa memang banyak hal" yg tdk mnynangkan yg akn didapat dan semua itu hal yg biasa dan tdk perlu dipermasalahkan klw ikhlas dan mngrti,paham dgn pkrjaan apa yg kita geluti.

      Hapus
    2. Maaf!!
      Klw memang anda ikhlass buat apa tulis" yg beginian??
      Pkrjaan yg brhubungan lngsung dgn mnsyrakat yaa memang banyak hal" yg tdk mnynangkan yg akn didapat dan semua itu hal yg biasa dan tdk perlu dipermasalahkan klw ikhlas dan mngrti,paham dgn pkrjaan apa yg kita geluti.

      Hapus
    3. Maaf!!
      Klw memang anda ikhlass buat apa tulis" yg beginian??
      Pkrjaan yg brhubungan lngsung dgn mnsyrakat yaa memang banyak hal" yg tdk mnynangkan yg akn didapat dan semua itu hal yg biasa dan tdk perlu dipermasalahkan klw ikhlas dan mngrti,paham dgn pkrjaan apa yg kita geluti.

      Hapus
  39. 1.salahnya perawat ga stand by di tempatnya meski waktu menunjukan diatas jam 12 malam, kalau memang kerja pasti ada shiftnya ga mungkin seorang perawat kerja sehari 24jam dan untuk yang jaga malam kenapa anda tidak tulus dan totalitas dalam bekerja karena sakitnya seseorang tidak ada yang tahu dan kalau ada yang mendadak ke costomer service lalu tidak ada orang lalu nyawa orang tersebut terancam apa yang ada lakukan? bukankah anda sudah disumpah ? saya ga menyalahkan pekerjaan anda saya cuma menanyakan dimana loyalitas anda?
    2.sebagai seorang yang mempunyai pangkat memang menendang tempat sampah yang 'MUNGKIN' tidak hanya berisikan sampah biasa namun sampah medis yang berbahaya juga menurut saya salah, menegur tidak harus dengan kata" kasar/keras" cukup berikan SP saja biar jadi tindakan yang Kongkret dan nyata untuk yang dirasa bersalah agar kinerjanya benar" berubah kalau cuma dimarahin masuk kuping kanan kluar kuping kiri

    setidaknya harus saling menghargai siapapun disini, kalau memang anda membahayakan nyawa pasien yang lain perbaiki kinerja anda dan kalau anda menjadi pemimpin yang paling berwenang hargai bawahan anda kalau anda ingin dihormati,

    BalasHapus
  40. Menurut saya pak zz gk shrus nya bgtu,saya juga seorang perawat,malahan di ugd lgi bkn rawat inap,saya akui saya juga tidur koq diatas jam 12 mlm(tidak ada pasien) klu pn emang ada pasien masuk diatas jam 12 mlm disaat kami tidur,kluarga pasien yg bguni kami,kami pn dgn sigap melakukan pelayanan dgn pasien tersebut,bahkn kami sampai skrng aman2 saja koq tidak ada masalah...
    Jadi klu untuk masalh tidur,kluarga pasien kn tw harus kmna mencari kami,diruangan perawat istrhat,bkn di nurs station nya,klu di nurs station anda cari kami,cukup pagi sama sore aja,udh pst kami dstu ddk manis dn stanby buat pasien yg butuh kami..
    Intinya klu masalah tidur atau istrhat malam kluarga pasien dn perawat sama2 mengerti aja lah,bayangkan coba kami semalaman begadang tiba2 kluarga anda dalam keadaan gawat,kamu yg di paksa begadang ini udh pst kerjaan nya tidak maksimal dalam melakukan pelayan,itu salah salah siapa?? Udh pst kami lagi...
    Jdi tolong sama2 mengrti aja kita antara perawat,keluarga pasien,dan pak zumi zola..
    SALAM PERAWAT INDONESIA

    BalasHapus
  41. KALAU SUDA SALAH JANGAN CARI ALASAN, MINTA MAAF DAN PERBAIKI
    KALIAN BEKERJA KALAU TELEDOR FASIEN MATI, KALAU TIDAK SANGGUP JANGAN JADI TENAGA MEDIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salahnya krn tidur? Tidur itu untuk mengembalikan konsentrasi,,, qt bisa terus begadang smpe pagi, tpi dgn resiko qt bisa salah dalam melakukan tindakan krn konsentrasi menurun, kan itu g ada pasien yg gawat dan mreka gak mengacuhkan pasien gawat. kalau smua merasa g sanggup gimana? Trus siapa yg sanggup? Anda bersedia jdi tenaga medis nya?
      Terimakasih sudah mengingatkan Anda smpe dgn pke huruf yg tegas smua, menandakan Anda orang yg percaya diri Skali... Smoga dgn ini qt nakes smakin kuat dalam menghadapi cacian n hujatan n smoga smkin ikhlas dlam bekerja. Amiiin

      Hapus
  42. Tidur boleh... Bergantian kan bisa...tapi kalau semuanya tidur ya kasian pasianya kalau ada apap gmna.. Ga ada yg salah namanya juga manusia pasti punya salah. Intropeksi diri lebih bagus...jgan saling menyalahkan. Salam

    BalasHapus
  43. kode etik pemimpin itu tidak pernah menunjukkan kemarahan apa lagi samapai mengancam bawahan di depan umum apa lagi media, itu cuma bakal menimbulkan kesan negatif saja tanpa tau sebab tapi langsung menghakimi akibat,
    sebaiknya gunakan jalur koordinasinya, tegur melalui kepala rumh sakit atau yang berwenang nanti kan diklarifikasi penyebabnya

    BalasHapus
  44. Klo menurut sya sdh benar klo mau tidur jng smuanya gantianlah sdh ada pergantian yg jaga gak mungkij dri pagi smpe pagi lagi jaga kan konyol yg jaha mlm atur wkti utk tdur siang apa sore jdi mlm gak ngantuk ini kadang sianh kelayapan jalan2 wjr klo malem ngantuk hahahah,tidur boleh lah nah itu tdur smuanya siapa yg jaga setan apa yg mau ditanya klo pasien sakit mendadak,kaliaj digaji utk kerja yg harus melayani masyarakat Yg skit klo gak sanggup ya gak usah jdi perawatlah wkwkwkw

    BalasHapus
  45. intinya perawat yang tidur itu kan sedang jam piket atau sedang bekerja. jam kerja ya harus kerja jangan tiduran. kalo gak sanggup jadi perawat mending gak usah jafi perawat. profesional lah. jangam merasa paling benar atau paling berjasa ya.

    BalasHapus
  46. Kenapa pak gubernur berbuat seperti itu,karna sudah banyak keluhan dari rakyat ny tentang pelayanan rumah sakit daerah nya. Hal yang wajar menurut sya beliau marah dn datang langsung melihat kondisi lapangan melihat perawat lainnya tidur. Klu ada yang mempermaslahkn gaji, seharusnya anda gk usa bercita- cita jadi perawat dari dulu. Jadi menejer sana yang banyak uangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bnr, beliau berhak marah.. berhak menegur.. tapi sangat disayangkan cara menegur dan marahnya beliau salah.. tdk shrsnya beliau berteriak, menendang tong sampah, dan menggebrak meja seperti itu. Beliau adalah seorang pemimpin.

      Hapus
  47. Pasien meninggal itu mungkin sudah waktunya dia dipanggil itu hanya pembetitahuan bahwa yang hidup itu akan mati jadi kenapa marah marah pasti orang meninggalnya itu sedih jika setelah dia mati rekannya malah marah marah aneh.
    Tpi apakah perawat disana tidak berbagi waktu sperti sip mlm dan siang agar terbagi jadi perawat tidak kekurangan istirahat perawat kan harus sigap siaga melayani pasien. Apakah tidak ada sumpah .terima kasih

    BalasHapus
  48. Jadikan pembelajaran, faktor utama dari bagusnya atau tidaknya suatu organisasi atau instansi pemertintah , SKPD, maupun UPTD , di suatu daerah itu tercermin dari bagus atau tidaknya komitmen dan kinerja Kepala Daerah yang memimpin. Dan akhirnya berimbas kepada sistem manajemennya...Pak Gubernur menurut saya masih baru dalam memimpin prov Jambi bisa jadi bahan evaluasi dari yg terdahulu.Yang terjadi sudah terjadi, mari sama-sama melakukan evaluasi dan tindak lanjut, perbaiki sistem, dan menjadi lebih baik lagi...


    Yungchi - Konsultan Manajemen 08111960109

    BalasHapus
  49. Kenapa harus saling marah
    Perawat tinggal minta maaf agar kesalahan tidak diulangi lagi.
    Rekan pasien tinggal berdoa berpikir positif mungkin ini sudah waktunya

    BalasHapus
  50. Seru baca komentarnya tu ������ dh skian terima kasih ...
    Intinya bkrja lh ssuaiz dgn profesi apapun yg d dpat mw shift malam siang d krjakan profesional yg dpt shift malam istirahat tu wajar klo smua tdur brengan kn g wajar pasti ada mslah hny "oknum" gk smua....
    Namun sy sndiri g suka dgn perawat simple pernah sy brobat di persulit pkai krtu kesehatan dari pemerintah dsruh sna sini skali pke duit cpt penanganannya lalu apakah wajar kalau saat org sakit uang dlu baru di urus pasienny alasannya penuh pdhal ruangan ad kosong alasan sibuk dsbg e... Simple yg spt tu hny oknum namun d pmrintah rs spt tu bnyk yg mnjadi oknum males krja ssuaikan lh krjaan anda ...

    BalasHapus
  51. Setidaknya diriku pernah berjuang

    BalasHapus
  52. Saya sangat mendukung tindakan bapak zumi zola ,karena kalau bapak zumi zola tidak melakukan hal seperti ini ,mungkin perawat akan terus bermalasan ..karena telah bnyak masyarakat yg mengeluh tentang kinerja perawat .. yg membedakan pasiennya antara si kaya dan si miskin ... dengan kejadian ini mungkin akan membuat semua perawat bukan hanya di jambi saja di seluruh indonesia semoga menjadi pelajaran agar bekerja lebih profesional ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak berbicara seolah olah bapak mengenal semua perawat..! apakah bapak yakin semua perawat di seluruh Indonesia Raya ini kerjaannya hanya bermalas2an..? Dan tlg jelaskan kpd saya apa definisi profesional menurut bapak?


      ******marilah saling menghormati, jangan saling menghina.
      Jika bapak tidak tau pasti dan tidak yakin, alangkah lebih baik jika bapak diam saja.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  53. Saya sendiri tidak tahu ruang apa yg dipakai untuk tidur, tapi sebagai dokter atau perawat pastinya bukan satu org saja dan pasti lebih, pasti bisa bergantian jaga, dan saya percaya tidak semua perawat tidur dan pasti ada satu orang yg standby.
    Sekuat kuat manusia melotot pasti ada batasnya. Saya seorang engineering dimana mata dan pikiran sempurna hanya mampu bertahan secara baik tidak lebih dari 18 jam selebihnya tidak bisa fokus dgn baik aku rasa perawat juga begitu

    Kalau pun memang istirahat, aku rasa (karena saya hanya melihat dan mendengar berita dan tidak disana) pasti mereka dokter perawat tahu harus beristirahat dimana dan siapa yg harus standby.

    Yg menjadi ganjalan adalah, mengapa di kita, di Indonesia yg tercinta dan katanya punya adat timur yg terkenal sopan terkadang aku melihat ilmu bentak bentak banting barang dan amarah itu harus ditonjolkan dalam setiap tindakan. Bukankah seorang bijak itu dilihat dari bahasa dan tingkah lakunya?

    Saya tidak bicara mengenai santun tapi saya bicara mengenai orang bijak, karena santun belum tentu bijak.

    Cobalah untuk para petinggi menegur staff atau bawahannya dengan elegan. Bukan dengan amarah yg seakan akan dia benar apalagi membanting dan menendang sesuatu, ingat.... Kalian tidak everlasting bertahta. Satu saat kalian akan menjadi seorang awam lagi, tidakkah kalian ingat itu?

    Dan pesan untuk perawat dan dokter, walau kalian tidak dimanusiakan (saya tahu seperti apa rasanya) tapi cobalah tetap berbuat semaksimal mungkin dan sebaik mungkin bukan untuk dipuji manusia, tapi berbuatlah itu seakan akan kalian sedang melayani Yang Maha Kuasa, dan bukan melayani manusia sehingga amal dan ibadah kalian akan dibalas oleh Yang Maha Kuasa dan kalian tidak akan terbeban bila dikerjakan dengan ikhlas.

    Walau kalian merasa tidak dimanusiakan bukan berarti kalian juga bisa tidak memanusiakan sesama, kalau kalian berpikir begitu itu sama saja dicubit balas nyubit. Belajarlah bekerja berkarya dengan ikhlas karena berkah terbesar bukan dari Kabag mu, tapi dari Yang Maha Kuasa.

    Salam.

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Segeralah anda bergabung bersama kami di GoyangPoker, karna kami memiliki banyak promo dan bonus yang sangat menarik untuk di ikuti setiap hari, jangan sampai ketinggalan dengan promo dan bonusnya yah bosku.

    *Bonus Turnover (Rollingan) 0.5% Di Bagikan Setiap Hari https://goo.gl/LMTbV4
    *Bonus Referal 10%
    *Minimal Deposit Hanya 10.000
    *Minimal Withdraw 50.000

    Ayo tunggu apalagi segera DAFTARKAN diri anda dan teman anda di GoyangPoker
    Informasi lebih lengkap silahkan kunjungi kami di: https://goo.gl/LMTbV4
    BBM : 559518e4
    Whatsapp : +85581259896

    BalasHapus
  56. sebetulnya saya tidak membela bapak gubernur atau tdak menyalahkan perawat yang lagi tugas jaga..pak gubernur marah seperti itu pasti ada alasan dan sebab.dan juga buat perawat yang jaga/ yang udah dapat gaji...kalain di bayar dan disumpah, itu tugas kalain untuk merawat dan menjaga pasien...bukan untuk tidur...saya di buat alasan kalian sebagai perawan butuh istirahat,, kan kalain gantian yang jaga siang/malam...terimalah kalian perawat yg salah..

    BalasHapus
  57. Sebagai pemimpin boleh keras tapi liat dulu posisinya dimana,itu perlu ilmu jadi ikut dulu kursus kepemimpinannya . Dengan siapa kita berhadapan.

    BalasHapus
  58. Seorang perawat tidak merawat yg di rs tp jua di merawat yg drumah kita manusia da batasan kita untuk itu kita kerja jika emng bpk zz da keluhan atu yg lain kan bisa lbih interen dan jangan pakek awak media
    Coba anda pikir tukang parkir ja zang yg sama kerjanya menjaga itu tdur bisa gantian pa lagi perawat ...

    BalasHapus
  59. Seorang perawat tidak merawat yg di rs tp jua di merawat yg drumah kita manusia da batasan kita untuk itu kita kerja jika emng bpk zz da keluhan atu yg lain kan bisa lbih interen dan jangan pakek awak media
    Coba anda pikir tukang parkir ja zang yg sama kerjanya menjaga itu tdur bisa gantian pa lagi perawat ...

    BalasHapus
  60. Jangan banyak komen n ngomong...HARGAILAH.....profesi masing2 orang..jangan egois...

    BalasHapus
  61. Jangan banyak komen n ngomong...HARGAILAH.....profesi masing2 orang..jangan egois...

    BalasHapus
  62. Makanya jalankan profesi anda sebagai tenaga profesional. Kan udah jelas waktu pak Z datang para perawat ada yg kedapatan tidur lah inilah itulah. Perawat tuh harus sigap... bukannya molor.. profesional dong..

    BalasHapus
  63. Semua pekerjaan memang di tuntut untuk profesional, dari kejadian itu mungkin ada yang menyalahkan perawatnya ataupun cara menegur bapak gubernur, tapi apakah layak menghina suatu profesi?
    Bisa jadi orang yang jadi perawat dalam kasus itu salah, tapi kan tidak semua perawat seperti itu
    Apakah kasus seorang pendidik yang memperkosa muridnya yang disalahkan juga seluruh pendidik yang ada di Indonesia juga?
    Haruskah profesi yang disalahkan?

    BalasHapus
  64. Saya seorang perawat. Sejujurnya saya sedih melihat teman sejawat saya diperlakukan seperti ini. Tp Saya jg tidak bs menyalahkan pak ZZ, (mgkin) pak ZZ memang berhak menegur mereka karena banyaknya keluhan ketidakpuasan atas pelayanan yang diberikan oleh RS tsb. Tapi yang sangat disayangkan adl sikap pak ZZ yang menurut saya sangat tidak bijaksana dalam menegur. Mengapa harus ada kamera? Mengapa bapak berteriak marah2, menendang tong sampah dan menggebrak meja? Pemimpin yang baik tidak seharusnya bersikap seperti itu..


    *setahu saya dalam video tsb ada perawat laki2 (jaket biru) yg sedang berjaga! Tapi ketika perawat laki2 tsb menjelaskan, si pak ZZ yth tidak mau mendengarkan.

    Pengalaman saya saat shift mlm, kami memang diperbolehkan untuk tidur bergantian, dan kami sll memberi tau pasien, jk memang perlu bantuan silakan membangunkan kami. Saya yakin 90% perawat yg tidur saat shift malam itu tdk ada yg benar2 tertidur pulas. Mereka hanya 'tidur ayam' dengan kewaspadaan tinggi karna rasa tanggung jawab atas pekerjaannya. Saya jg yakin tidak ada perawat yang berniat untuk sengaja TIDUR saat shift malam. Tapi badan kami juga memiliki keterbatasan, kami bukan robot, kami adl manusia yang jg bs merasakan lelah, dan membutuhkan istirahat. Manusia memang di'setting' untuk beristirahat tidur saat malam hari. Jd jika kami kedapatan shift malam, dan kami tidur sblm berangkat shift tp nyatanya saat shift mlm kami merasa ngantuk lg, menurut saya ini sih sangat manusiawi sekali.


    Apakah hanya karena 'tidur ayam' kami menjadi tidak profesional?

    BalasHapus
  65. Apakah kalian menyadari, saat kalian di rawat di RS, perawatlah yang setia mengawasi kalian selama 24jam, meskipun dari kejauhan kami tetap memantau keadaan kalian (pasien). Kadang kami pun sampai melewatkan waktu makan kami (dll). Sedih rasanya profesi kami dihina.. ㅠㅠ jk mmg ada seseorang perawat yg bersikap krg baik, tlg tegurlah dia secara pribadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah kata "kami" itu sudah mewakili semua perawat?. Apa sudah yakin semua semuanya perawat seperti itu?
      Jgn pelihara ego dan rasa bangga diri sendiri. Mentang2 krna punya sepatu merk xyz, selalu berkoar2 klo merk xyz itu apapun barangnya selalu bagus

      Hapus
  66. Pembelaan tingkat tinggi.
    Pembelaan sesama profesi.
    Pembelaan agar berharap tidak terjadi lagi sidak seperti ini.
    Jadi para prwat semakin takut terbongkar aktifitas di tempt kerjaan dan tidak merasa leluasa lagi istrhat dit4 kerja.
    Perawat kok sperti ini. Macam anak mama semua. Mentalnya bukan mental survive.
    Klo klian sakit cari siapa?
    Ya cari dokter.
    Apa iya perawat yg sepenuynu merawat pasien? Palingan cuma ngingatin minum obat. Yg ngerwat y keluarganya.

    Masalah shift mlm. Mikir sndri Di indomaret misalnya . Atau di pabrik2 misalnya.
    Masalah gaji??
    Klo merasa kurng knapa gk cari yg lebih baik.
    Seperrinya banyak prawat yg sangat mengistimewakan profesinya sndri. Merasa semua orng butuh. Padahal pada dasarnya perawt itu hnya sebuah profesi. Sama seperri polisi.tntra. kntoran.buruh dll.
    Klo kamu sakit. Cari apa? Cari perawat kn? Ok . Ok. Betul(walaupun gk sepenuhnya, krna pasti nyri dokter atay beli obat sndiri. Tapi biar mudh anggap betul).
    Kalo kmu mau buat rumah, cari tukang kan? Yup.. betul juga. Yg gak betul klo kamu sakit malah nyari tukang.

    Ok. Ok. Ok bapak ibu perawat. Kami hargai kerja keras anda siang malam. Anda kerja menyelematkan nyawa selayaknya anda dapat gaji yg banyak seperti dokter . Dan fasilitas yg banyak. Jam kerja yg flexible.
    Kalau buruh kerja yg shift malam nonstop tnpa tidur, gak usah trlalu di pikirkan krna buruh hanya membuat barang atau jasa.

    BalasHapus
  67. Sebelum tugas.... tidur memang siangnya... inget kalian kan pelayan masyarakat... andai kata ada kluarga anda yg btuh pelayanan darurat... trus ga ada yg jaga.... gimana coba....
    Lagian pastikan kalian ada jadwal perolingan tugas... pagi. Siang. Malam...
    Korwksi kalau saya salah bicara...

    BalasHapus
  68. Perawat itu pekerjaan yang sangat mulia...dikala org lain yang sakit bukan keluarga nya aja di rawat nya.apa lagi keluarga nya sendiri!.dan perawat memang gaji tidak besar tetapi resiko nya saja yang besar...kami sbg masyarakat umum cuma bisa mensuport saja dan semua wewenang itu ada di pemerintah dan kepala RS tersebut...Tetap semangat ya perawat" indonesia dan tegar.����

    BalasHapus
  69. Salam perawat indonesia..
    Salam perawat indonesia..
    Saya seorang perawat.. 1 th mengabdi d sebuah rs swasta..dan Saya pernah berpraktek klinik semasa kuliah di rs pemerintah..jdi saya paham dg profesi yg saya jalani.. D awal saya bekerja..dalam surat kontrak yg saya tanda tangani..tertera dg jelas...bersedia bekerja shift pagi siang dan malam..
    Jadii kita sbg perawat memang seyogyanya harus paham dg itu.. Klau emang wktu nya jaga malam ..yaa harus siap utk begadang..bwa bekal kapan perlu..begadang butuh energi..
    Saya bukannya pro k pak gubernur.. Kita evaluasi diri ajja. . Dtg k rs mau kerja apa mau tidur..saya tau..tidur adalah kebutuhan biologis manusia..dan perawat bukan robot.. Tpi.klu istirahat yaa gantian.. Klu d rs t4 saya bekerja memang d kasih wkt 1 jam sbg jm istirahat.. Walaupun itu kdg sma sekali ngk bisa d manfaatkan.. Boro2 utk tidur..bahkan utk merebahkan kepala ajj kita nggak sempat.. Yaa memang begitulah profesi perawat atau tenaga medis.. Tpii nggak setiap dnas malam kita nggak bisa istirahat..adakalanya pasien aman..dan keadaan umumnya baik/sedang..jdi bisa istirahat..
    Istirahat yg saya maksud bukan nya tidur.. Tpi lebih merilekskan badan..

    Utk pak gubernir zumi zola..
    Mgkin mksd bpk baik.. Dtg utk melihat langsung bagaimana perawat bekerja d malam hari.. Tpi nggak gitu juga kali pak sidaknya..
    Dg bapak dtg dan kami ketahuan sdg istirahat ajj sudah cukup membuat kami malu.. Nggak perlu bentak, pukul meja tendang tong sampah.. Itu hanya menunjukkan arogansi bpak sbg kpla pemerintahan..dan menghina kami d depan media..
    Bukankah itu prilaku yg kurang baik..dan bukan etika yg baik bagi bapak seorang kepala pemerintah. Nggak pantas d contoh.. Dan bapak mempermalukan diri bapak sendiri..
    Utk bapak ketahui Dalam kasus pasien pasien jiwa, tindakan bapak menunjukkan tanda.tanda perilaku kekerasan..dan itu perlu SP..

    Salam perawat jaga malam ini..
    V Y F

    BalasHapus
  70. Pertimbangin aja kalo seluruh perawat pada mogok ?
    Apa jadinya. Pake otak...
    #perawatjugamanusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mba saya di sini bersifat netral,,,, setau saya di UU NO 13 TAHUN 2013, kalau yang bekerja untuk kemunasian itu di larang untuk aksi mogok kerja,

      Sekali lagi saya mohon maaf, saya di sini hanya bersifat netral saja.

      Hapus
  71. Yg mau banyak bacot.
    Elu coba dulu jadi perawat. Baru ngoceh
    #perawatjugamanusia

    BalasHapus
  72. Yg mau banyak bacot.
    Elu coba dulu jadi perawat. Baru ngoceh
    #perawatjugamanusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kerja di migas, kerja 12 jam tergantung shift siang atau malam ...
      ketahuan sengaja tidur langsung jadi pengangguran dan di black list ...
      Kalo malam nya kerja, ya siang nya tidur dong ...
      Statement anda meunjunjukan kalo anda ngg profesional, PAYAH ...

      Hapus
    2. kenapa pak ZZ lakukan sidak? karena bnyak laporan kinerja perawat lelet/lalod/lamban/kurg. yang namanya pekerjaan dr awal sdh tau konsekuensi nya, jgan terlalu membela profesi. kalo salah ya salah. dr awal kuliah sdh siap harus jaga malam bukan.? katanya profesi perawat, tapi gak profesional. para perawat ngeluh gaji kurang, perawat manusia biasa bukan robot,butuh istirahat, butuh sosialisasi. trus guna nya jam Shift utk apa? Kalian yang merasa perawat yang kerjanya hanya ngantuk2an d t4 kerj mendingan cari kerja yang sesuai kemauan mu. jagn jadi perawat. perawat itu strong gak manja. gak bnyk ngeluh. perawat itu profesional gak lelet. jadi yg ngeluh2 ke laut aja jadi nelayan tggu ikan sambil tiduran. so kalo kalian ngerti mksdku bagus. skli lgi bukan masalah profesi. tapi pribadi.Bekerjalah sesuai SOP,bekerjalah secara profesional, dikala kerja sip siang istirahatlah pd malam hari, dikala kerja malam hari sempatkanlah istirahat pd siang hari, kalau kerja sip malam pintar2 kita gantian dgn teman utk gntian jaga,intinya adanya sidak dr bpk gubernur karena adanya laporan dr masyarakat bahwa kurang sigap ny perawat dr rs trsebut menangani pasien d kala urgen pd tengah malam,, kalau d rs aman2 aja n gk ad laporan gk bakal ad sidak,so ya perawat yg bersangkutan d sidak intropeksi diri n bpk gubernur jg mgkin lebih bisa menjaga ego lagi pd saat sidak,, y kita saling memaklumi aja,, d satu sisi kewajiban perawat kerja sip2'an n bpk gubernur jg mgkin merasa trketuk hatinya karena adanya laporan dr masyarakat,, ya menurut saya gk ad yg benar n gk ad yg salah,, semua karena faktor kewajiban n tuntutan kerjaan n juga sbg kepala daerah.

      Hapus
  73. Bekerjalah sesuai SOP,bekerjalah secara profesional, dikala kerja sip siang istirahatlah pd malam hari, dikala kerja malam hari sempatkanlah istirahat pd siang hari, kalau kerja sip malam pintar2 kita gantian dgn teman utk gntian jaga,intinya adanya sidak dr bpk gubernur karena adanya laporan dr masyarakat bahwa kurang sigap ny perawat dr rs trsebut menangani pasien d kala urgen pd tengah malam,, kalau d rs aman2 aja n gk ad laporan gk bakal ad sidak,so ya perawat yg bersangkutan d sidak intropeksi diri n bpk gubernur jg mgkin lebih bisa menjaga ego lagi pd saat sidak,, y kita saling memaklumi aja,, d satu sisi kewajiban perawat kerja sip2'an n bpk gubernur jg mgkin merasa trketuk hatinya karena adanya laporan dr masyarakat,, ya menurut saya gk ad yg benar n gk ad yg salah,, semua karena faktor kewajiban n tuntutan kerjaan n juga sbg kepala daerah.

    BalasHapus
  74. Saya pernah rasakan shift malam dari jam 20.30 sampai jam 05.30..
    Kepala rasanya puyeng, badan lemes, ngantuknya luar biasa.. kdg duduk sdkit tiba" tertidur, itu krn tidur malam semacam tdk bs d gantikan tidur d wkt pagi, siang atau sore, sy sampai ngeluh berkali" krn susah tahan mata agar ttp terjaga. Tp smoga sikap dari bpk gubernur menjadi pelajaran buat kita semua para pekerja indonesia tentunya agar negara kita negara indonesia menjadi lebih baik☺

    BalasHapus
  75. Perawat pada belagu semua ya, yg lain ambil hikmahnya saja, alasan ini itu lah, basi, kalo salah ya salah saja, resiko kerja? Saya ga ngeliat ada perawat yg kerja, tidur mah banyak. Saveperawatindonesia

    BalasHapus
  76. Saya setuju dengan tindakan pak Zumi Zola ...
    Perawat harus profesional, kn ngg kerja 24 jam full, kan udah di bagi shift, kalo sengaja tidur ya itu namanya korupsi waktu kerja enak aja...
    Ngg sanggup jadi perawat mending resign, tenaga perawat fresh graduated banyak yang sanggup gantiin nya ...
    Udah ketahuan basah masih ngeyel, heran ...

    BalasHapus
  77. Didaerah kami,, tdk ada perwat yg tidur meninggalkan meja piketx,, silahkan bapak tidur itu manusiawi, tp jgn ditinggalin donk, apalagi bapak sdh tau resiko dr pekerjaan bapak sebagai perawat dan bapak sdh mengambil sumpah mungkin ttg itu..hadew.

    BalasHapus
  78. Pak zumi tentu sblmnya Sdh mndpatkan laporan dr masyarakat yg kurang berkenan dgn pelayanan rsu yg bersangkutan. saya sudah tau cerita d dlm rsu itu sdah lama,,bru skrg aja terungkapnya karna disidak... lah wong yg disidak rsu jambi malah bapernya seindonesia..aneh bin ajaib! Buat yg membela mati2an mungkin prilakunya kurang lebih sm yg d video y hohohoho

    BalasHapus
  79. begitulah pemimpin yg belum sepenuhnya bijak#garisbawahi karena mereka hanya mendengar keluh kesah masyarakat yg belum tentu sepenuhnya bener. harusnya sbg pemimpin harus bsa mendengar menganalisa menyelidiki dan menindaklanjuti bukan dengan membawa media kesana sini untuk sidak, marah2 dan emosi itu sama sj pencitraan,, brarti anda bekerja bukan atas dasar tulus iklas tp atas dasar tuntutan semata.

    BalasHapus
  80. Ass.. saya bukan pendukung pak Zumi maupun org2 yg terlibat di masalah ini, tp utk karyawan RSUD anda kan di bayar pemerintah utk apa? Tidur kah.. ato kerja??
    Bila anda mengatakan kami manusia butuh tidur, knapa anda memilih pekerjaan ini, kenapa tidak berhenti, kan enak bisa tidur puas sampe ileran, lagian anda kerja 24 jam kah?
    Ato cuma 8 jam?
    Pakek shift kan!
    Menurut saya itu sdh manusiawi, apa anda plang kerja gx tidur?
    Gunakan waktu istirahat sebaik2 nya.
    Karena kami yg kerja di pagi hari smape sore jg gx tidur.
    Klo anda yg merasa tidak di manusiawikan tinggal buat surat pengunduran diri aja, gampang kan.
    Ingat banyak lulusan sarjana sulit mencari kerja dan saya yakin anda tidak akan pernah berani mengambil keputusan untuk mengundurkan diri.
    Apa anda tidak tau kerja perawat/dokter sbelum anda bekerja bahkan sekolah di kedokteran/perawat?
    Semua itu cuma bulsyiiiit..
    Semua itu ada konsekuensi nya, boleh tidur tp klo ketahuan ya nikmati aja..
    Berani berbuat berani bertanggung jawab..
    Anda dokter apa anda d sumpah sebelum d Lantik?
    Seharusnya nya anda meminta maaf kepada masyarakat bukan malah berkomentar di medsos tentang soal manusiawi, biar masyarakat mengasihani kah?
    Hahahaa... Sudah Basiii....!!
    Sidak bawa wartawan?
    Emang kenapa? Masalah? Pencitraan?
    Apa pun itu bagi kami semoga semakin banyak sidak2 yg membawa ribuan wartawan, mungkin besok bawa aja pak 7 stasiun TV biar keren, biar semua org tau klo inilah pencitraan yg benar2 bersih & fair
    Jgn ngomongin manusiawi, mau tukeran kerjaan jadi pembantu rmh tangga?
    Kn enak bisa tidur, majikan pergi bebas lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat setuju ni.. ya ini yang harus diluruskan.. bukan malah mencari pembenaran dari kesalahann. klo memang sudah profesi ya harus dijalanin, klo memang gak bisa mempertanggungjawabkan ya artinya org tsb tidak capable, buat apa mempertahankan orang yang yang bisa bekerja..

      Hapus
  81. Emang prawat di gajih brapa si???
    coba anda tanya padi diri anda pda waktu krja, trus anda tdur mnurut anda slh gak??
    cukup itu ajh dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah bro...
      Qm jaga malam. Trus bukan tugas malah tidur.
      Klw anda jdi pasien.
      Lagi butuh pertolongan. Tiba" ga ada yg jaga..gmna prsa'n anda?! Cermat bro

      Hapus
  82. Perawat memang bertugas u/kemanusia'n. Dan bukan brrti pa gubernur tidak bersikap prikemanusia trhdp mrka.
    Sudah jdi tanggung jawab seorang yg piket di malam hari.
    Bukan berarti tidak boleh tidur. Tapi kan sebaik'y bergantian jaga. Soal'y kalian piket malam. U/melayani pasien di malam hari.
    Resiko n konsekuensi'y ya jatah tidur malam pasti terganggu
    Mohon di tanggapi aksi pa gubernur dengan bijak.
    Klw yg tidur di benarkan. U/apa ada jaga piket malam.
    Cermat bro dalam menyikapi hal

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa pak ZZ lakukan sidak? karena bnyak laporan kinerja perawat lelet/lalod/lamban/kurg. yang namanya pekerjaan dr awal sdh tau konsekuensi nya, jgan terlalu membela profesi. kalo salah ya salah. dr awal kuliah sdh siap harus jaga malam bukan.? katanya profesi perawat, tapi gak profesional. para perawat ngeluh gaji kurang, perawat manusia biasa bukan robot,butuh istirahat, butuh sosialisasi. trus guna nya jam Shift utk apa? Kalian yang merasa perawat yang kerjanya hanya ngantuk2an d t4 kerj mendingan cari kerja yang sesuai kemauan mu. jagn jadi perawat. perawat itu strong gak manja. gak bnyk ngeluh. perawat itu profesional gak lelet. jadi yg ngeluh2 ke laut aja jadi nelayan tggu ikan sambil tiduran. so kalo kalian ngerti mksdku bagus. skli lgi bukan masalah profesi. tapi pribadi.

      Hapus