Header Ads

Satu-satunya PTS di Jatim yang Punya S2 Pendidikan Magister Keperawatan Terapan



SURABAYA - Saat ini Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jatim yang menyelenggarakan Program Pascasarjana (S2) Pendidikan Magister Keperawatan Terapan.

Di Indonesia hanya ada 13 penyelenggara Program Studi pendidkan Magister Keperawatan.
Sedangkan di Jawa Timur hanya ada 3 Perguruan Tinggi (Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya dan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya).

Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (Yarsis), Prof Dr Ir KH Mohammad Nuh DEA, mengatakan bahwa Unusa ingin menyempurnakan disiplin ilmu yang kaitannya dengan akademisi.

Alhasil sudah ada S2 Pendidikan Magister Keperawatan Terapan sebagai pasangan disiplin ilmu murni.

"Unusa memfokuskan pada pendidikan meningkat, bukan melebar. Maksudnya, Unusa tidak akan terlalu berambisi untuk menambah prodi-prodi S1 yang baru, akan tetapi prodi yang ada akan ditingkatkan, dari D3 ke S1, S1 ke S2, dan S2 ke S3," ujarnya.

Tuntutan pekerjaan yang dibutuhkan di masyarakat saat ini mulai mengalami peningkatan.

Beberapa tahun lagi, lulusan SMA akan terkalahkan oleh lulusan S1, S2, maupun S3 yang masuk tataran elite tinggi.

Nuh menambahkan, hal tersebut merupakan kesempatan baik sekaligus tanggung jawab besar, karena jumlah penyelenggara yang sangat sedikit sehingga S2 Keperawatan perlu diselenggarakan.

"Kami benar-benar memfokuskan pada pendidikan meningkat, apalagi Akademi-Akademi Perawat, Sekolah Tinggi-Sekolah Tinggi Perawat, rata-rata tenaga pengajarnya itu belum bergelar Magister. Padahal salah satu syarat dosen adalah minimum lulusan magister," lanjutnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Musahadah
Sumber: tribunnews surabaya