Header Ads

Kualitas perawat tanggungjawab siapa ?

Sampai saat ini pelayanan di sarana kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dan sarana kesehatan lainnya masih banyak menuai kritikan. Hampir disetiap pemberitaan melalui surat kabar maupun media elektronik sungguh mengeluhkan tenaga kesehatan termasuk perawat karena belum mampu memberikan pelayanan secara professional kepada klien dan keluarga sebagai penerima layanan kesehatan.

Hal ini dibuktikan dengan masih adanya perawat dalam memberikan pelayanan/tindakan keperawatan kurang disertai sikap atau etika profesi sebagai perawat. Berhubungan dengan hal tersebut maka kalau ini dibiarkan bisa menyebabkan kepercayaan masyarakat kepada profesi keperawatan semakin menurun bahkan hilang.
Untuk mengantisipasi hal tersebut maka ini tidak terlepas tanggungjawab institusi pendidikan sebagai lembaga yang melahirkan perawat.

Oleh karena itu sangatlah diharapkan setiap institusi pendidikan keperawatan merancang tujuan pembelajaran terhadap peserta didiknya sehingga kelak mereka menjadi lulusan yang betul-betul professional baik dalam bertindak maupun dalam bersikap.