Header Ads

Pentingnya Peran Pembimbing Klinik Bagi Mahasiswa Keperawatan



Keberadaan peran pembimbing klinik sebagai bagian dari tim program pendidikan keperawatan di lingkungan praktik klinik sangat dibutuhkan dalam mencapai kompetensi dan meningkatkan rasa percaya diri peserta didik keperawatan. Salah satu faktor yang utama dan terpenting dalam mendukung pembelajaran klinik adalah self efficacy (keyakinan diri) pembimbing klinik.

Dengan self efficacy yang tinggi, maka seorang pembimbing klinik akan mampu melaksanakan strategi bimbingan klinik yang tepat dan menilai kemajuan mahasiswa dengan obyektif, mampu berperilaku atau menerapkan kepribadian yang tepat yang mudah ditiru mahasiswa, dan menganalisis tugas-tugas bimbingan klinik secara maksimal. 

Namun, menurut Anwar, pembimbing klinik masih belum memiliki self efficacy yang tinggi sehingga tidak mempunyai kesiapan untuk membimbing klinik dengan baik. Salah satu faktor penyebabnya adalah dari pihak pengelola rumah sakit yang cenderung kurang memperhatikan self efficacy pembimbing klinik.

Berdasarkan hal tersebut, Anwar melakukan riset disertasi doktor keperawatannya yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Modul Bimbingan Klinik Efektif (MBKE) terhadap self efficacy pembimbing klinik.

Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pelatihan MBKE mampu meningkatkan pengetahuan, sikap, dan self efficacy pembimbing klinik, serta memberikan pengaruh terbesar dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik.

sumber: nursing ui ac id

Tidak ada komentar